SYARAT PENGIRIMAN GADO-GADO DAN CATATAN KECIL TENTANG GADO-GADO FEMINA EDISI 19, 07-13 MEI 2016

Hari Selasa, tanggal 3 Mei 2016, Mbak Ratnasanti memberi tahu jika artikel Gado-gado milik saya akan terbit di Femina edisi 19, 07-13 Mei 2016. Awalnya saya menduga jika majalah itu akan beredar sehari lebih cepat dari tanggalnya. Tapi, ternyata tidak, saat saya memberi ucapan selamat  pada mbak Utami atas keberhasilannya menjadi salah satu pemenang sayembara cerber majalah Femina, mbak Utami memberitahu jika ternyata majalah itu telah beredar di mall sejak tanggal 4 Mei.

Akhirnya majalah itu saya genggam di tanggal 5 Mei 2016, setelah sebelumnya pesan ke agen majalah untuk dicarikan . 
Saya segera mencari dosa-dosa kemarin, setelah sempat menyesal karena telah mengirim naskah ini ke Femina, dan bahkan sangat yakin masuk tempat sampah karena dianggap tidak sejalan dengan majalah tersebut.

1.Gado-gado itu berjudul ARTIS. 
Judulnya berubah, awalnya MENOLAK TAWARAN SYUTING. Saya tidak mempermasalahkan ini, karena judulnya tetap mewakili isinya.

2. Ada kalimat dan paragraf yang dibuang
Bagi saya ini juga bukan masalah. Karena  saya mengerti 'kebiasaan' femina yang selalu melahirkan wanita cantik dan cerdas tiap tahunnya. Yang di-skip hanya yang kurang sesuai dengan kebiasaan tersebut. Tapi, ada juga yang dikarenakan pada efektifitas kalimat. 
Saya harus belajar kalimat efektif  

3. Tanda baca
Ini dosa yang tidak main-main. Saya juga harus belajar lebih keras lagi.

4. Kata baku yang sesuai EYD
Ini juga catatan penting agar saya memperhatikan penggunaan EYD yang baik dan benar.


Syarat pengiriman Gado-gado:

Sebelumnya saya membaca syarat pengiriman dari blog mbak Haya Aliya Zaki dan mbak Rebellina Santy. 
Berikut syarat berdasar blog mbak Haya, mbak Rebellina, majalah Femina edisi terbaru saat ini, dan pengalaman saya pribadi.

1. Teknik penullisan
Bisa menggunakan font arial atau tnf, spasi 2, maksimal 3 halaman folio, atau sekitar 4300-4500 cws. 

2. Nama tokoh, tempat, dan kejadian boleh fikfif. 


3. Ceritanya bisa kejadian lucu, sedih, horor, atau apapun yang bersifat human interest yang sangat mungkin terjadi sehari-hari.

4. Gunakan sudut pandang orang pertama. 

5. Judul pendek dan unik
Gado-gado biasanya hanya satu atau dua kata. yang jelas judul harus mewakili isi naskah.

6. Membuat cathcer
Cathcer adalah hal penting setelah judul. Dia berfungsi untuk menarik rasa penasaran. Cathcer bisa ditulis menggunakan huruf tebal atau miring, dan biasanya terletak di awal-awal tulisan. Bagian yang dipilih adalah yang menarik rasa penasaran pembaca.

7. Sisipkan kata-kata ekspresif.
Saya terkena penambahan ini.
Misal kata ekspresif: duh, wah, aih, atau ha... ha... ha.. seperti yang disisipkan dalam gado-gado saya. Atau bisa juga kata-kata yang lain. Karena, artikel ini sifatnya ringan, santai, dan lentur. Tidak kaku seperti laporan dalam koran.

8. Jangan lupa di bawah naskah cantumkan biodata singkat, seperti: nama, alamat, no. rekening, no HP. juga alamat email.

9. Pengiriman
Pengiriman bisa melalui email atau pos.
Untuk pengiriman melalui email, bisa dikirim  melalui: kontak@femina.co.id
Untuk melalui pos, bisa dikirim melalui: Jl. HR Rasuna Said Kav 32-33, Jakarta 12910
Tuliskan di kiri atas amplop: GADO-GADO


Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Pertama di Perada Koran Jakarta

Yulia Hartoyo, Meracik Jamu Karena Rindu

Gado-gado Femina edisi 19, 7-13 Mei 2016